Saturday 3 October 2015

PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN AUD


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang ditujukan kepada anak usia 0-6 tahun, dilakukan dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pettumbuhan dan perkembangan baik jasmani maupun rohani agar anak memiliki kesiapan belajar di tahap pendidikan selanjutnya.
Dalam hal ini, peran guru sangatlah penting untuk dapat memberikan hasil yang baik dan berkualitas bagi anak.
Kita selaku guru, apalagi guru PAUD dalam hal ini TK, tentu hafal lagu yang menjadi jargon anak-anak. Yaitu lagu Taman Kanak-Kanak. Lagu taman kanak-kanak bila diresapi banyak makna yang terkandung didalamnya. Taman adalah tempat untuk bermain, bukan tempat untuk anak tertekan. Jangan kita menciderai dunia anak-anak dengan menjejali Calistung demi menyenangkan hati orang tua.
Guru Tk merupakan pemberi pondasi bagi anak. Pondasi yang kuat akan menciptakan anak-anak yang hebat, cerdas dan berkarakter.
Sebagai guru hendaklah menyadari bahwa anak-anak adalah amanah yang harus dididik dengan benar. Ingat bahwa ilmu yang bermanfaat akan memberikan keberkahan bagi guru itu sendiri.
Guru harus selalu meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru , seminar, workshop, atau rajin membaca buku referensi yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran.
Peran guru Tk memberikan kenyamanan kepada anak didik dengan berpegang pada peraturan yang berlaku dalam dunia kependidikan, bukan menuruti keinginan menyenangkan orang tua dengan membebani anak dengan pembelajaran yang salah sehingga anak menjadi stress. Dunia anak yang menyenangkan berubah menjadi tidak menyenangkan. Anak tidak mau berangkat ke sekolah karena tugas yang menegangkan pikiran anak.
Sebagai seorang guru TK hendaknya paham akan SOP guru dimana Budaya 5S dan 3C harus jadi pegangan dan dibiasakan oleh guru. Apa itu 5S dan 3C ? S5 adalah Senyum, Salam, Sapa Sentuh dan Sayang.. Sedangkan 3C adalah Cakap, Cerdas, dan Ceria. Bila guru selalu menerapkan dan membiasakan Sop tersebut, maka dia telah berperan dengan baik dalam mendidik anak usia dini.

CONTOH MEMBUAT ALUR BEST PRACTISE Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19

Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19 Melalui Aplikasi Zoom Di TK Kemala Bhayangkari 36 Palasari Bandung   BAB I PEN...