Thursday 1 November 2012

Contoh Refleksi PTK



REFLEKSI AWAL
A.     Refleksi Komponen Pembelajaran
1.      Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indicator yang saya pilih?
Ya, karena kegiatan saya sudah sesuai dengan indicator.
2.      Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya, materi saya sudah sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
3.      Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikaror yang telah saya tentukan?
Belum, media yang saya gunakan kurang menarik bagi anak.
4.      Bagaimana reaksi anak-anak terhadap metode pembelajaran yang saya lakukan?
Reaksi anak biasa-biasa saja. Tidak banyak yang merespon apalagi tertarik untuk aktif dalam pembelajaran.
5.      Apakah alat penilaian yang saya lakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya, penilian yang saya lakukan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
B.     Refleksi Proses Kegiatan Pembelajaran
1.      Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan RKH tang telah saya susun?
Terkadang tidak sesuai dengan RKH yang sudah saya rancang.
2.      Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
Kelemahan saya adalah dalam pemilihan penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media dan sumber belajar.
3.      Apakah kelemahan saya tersebut?
Saya seringkali malas dalam mencari sumber belajar dan dalam membuat alat peraga untuk pembelajaran. Begitu pula strategi pembelajaran yang saya pakai kebanyakan hanya praktek langsung dan pemberian tugas yang sangat membosankan bagi anak.
4.      Bagaimana memperbaiki kelemahan saya?
Saya akan mencari referensi tentang cara membuat media untuk pembelajaran dan mencoba strategi pembelajaran yang lain.
5.      Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Saya bisa computer dan menguasai internet. Saya dapat mencari bahan-bahan dari internet dan juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan metode dan strategi pembelajaran.
6.      Apakah penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan?
Dalam merancang saya selalu mengacu pada standar kurikulum pemerintah dan juga KTSP sekolah.
7.      Apa penyebab kukuatan saya dalam melaksanakan kegiatan?
Sebelum menyusun materiyang akan diajarkan, saya selalu mempelajarinya terlebih dahulu.
8.      Hal-hal unik (positif atau negative ) apa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan?
Saya menemuka bahwa setiap anak dalam menerima meteri pembelajaran berbeda-beda.
9.      Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika iya, alasan saya adalah?
Ya, tentu saja saya bertanggung jawab terhadap apa yang saya ajarkan kepada  anak didik saya.
10.  Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan ? (perkaluan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Anak kurang merespon terhadap pengelolaan kelas yang sealu monoton dan perlakuan saya terhadap anak biasa saja.
11.  Apakah anak dapat  menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapt menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat)?
Hanya beberapa anak saja. Sebagian lainya cuek bahkan terkesan malas.
12.  Bagaimana reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan?
Biasa saja. Karena reward yang saya berikan hanya tepuk tangan untuk anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
13.  Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indicator yang saya tetapkan?
Ya. Sudah sesuai dengan indicator yang saya tetapkan.
14.  Apakah anak telah mencapai indicator kemampuan yang telah di tetapkan?
Belum semuanya mencapai indicator kemampuan yang saya tetapkan.
15.  Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
Belum. Karena waktu pembelajaran sering terkendala oleh anak yang ribut, belum bisa dan malas mengerjakan tugas dari saya.
16.  Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Ya, karena dalam kegiatan penutup, saya malakukan pengulangan materi pembelajaran secara singkat untuk mengetahui daya serap anak didik.



REFLEKSI SIKLUS I
A.     Refleksi Komponen Pembelajaran
1.         Apakah kegiatan yang telah saya lakukan sesuai dengan indicator yang saya pilih?
Ya, karena kegiatan saya lakukan sesuai dengan indicator yang saya pilih.
2.         Apakah materi yang telah saya sajikan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Ya, materi saya sudah sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
3.         Apakah media pembelajaran sesuai dengan indikaror yang telah saya tentukan?
Menurut hasil penelitian saya, ternyata media yang saya pakai pada hari Rabu kurang sesuai dengan indicator yang telah saya tentukan.
4.         Bagaimana reaksi anak-anak terhadap metode pembelajaran yang saya lakukan?
Reaksi anak antusias tapi hasilnya belum sesuai dengan harapan saya.
5.         Apakah alat penilaian yang saya lakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak?
Alat  penilian yang saya lakukan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
B.     Refleksi Proses Kegiatan Pembelajaran
1.         Apakah pelaksanaan kegiatan sesuai dengan RKH tang telah saya susun?
Ketika kegiatan awal, ada bebrapa langkah yang terlewat. Karena saya grogi.
2.         Apakah kelemahan-kelemahan saya dalam melaksanakan kegiatan (penguasaan materi, penggunaan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, penataan kelas, komunikasi dan pendekatan terhadap anak, penggunaan waktu, serta penilaian proses dan hasil belajar?
Kelemahan saya adalah dalam pengkondisian anak, saya merasa kewalahan mengatasi aktifitas anak..
3.         Apakah kelemahan saya tersebut?
Biasanya mengajar ada temas sejawat yang membantu mengkondisikan anak ketika saya sedang menerangkan sesuatu, tapi kali ini teman sejawat hanya mengawasi dan melihat saya dalam proses pembelajaran.
4.         Bagaimana memperbaiki kelemahan saya?
Saya mencoba menenangkan diri sendiri dan mengkondisikan anak dengan baik.
5.         Apakah kekuatan saya dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pengembangan?
Kekuatan saya terletak pada metode atau teknik pembelajaran dengan menggunakan madia kancing.
6.         Apakah penyebab kekuatan saya dalam merancang kegiatan?
Sebab saya yakin dengan media kancing melalui permainan dan perlombaan anak akan mampu mengenal konsep bilangan.
7.         Apa penyebab kekuatan saya dalam melaksanakan kegiatan?
Dalam melaksanakan kegiatan saya dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik.
8.         Hal-hal unik (positif atau negative ) apa yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan?
Ada anak yang sudah diberikan materi konsep bilangan, ketika disuruh mengambil sesuai dengan angka yang ada, di mengambil kancing sebanyak-banyaknya.
9.         Apakah saya mempunyai alasan yang dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan dan tindakan mengajar yang saya lakukan? Jika iya, alasan saya adalah?
Ya,saya sengaja merancang tindakan pembelajaran kali ini untuk melakukan penelitian  kelas terhadap keberhasilan anak dalampengenalan konsep bilangan.
10.     Bagaimana reaksi anak terhadap pengelolaan kelas yang saya lakukan ? (perkaluan saya terhadap anak, cara saya mengatasi masalah, memotivasi anak, dan sebagainya).
Anak sangat senang dengan strategi pembeklajaran yang saya lakukan.
11.     Apakah anak dapat  menangkap penjelasan yang saya berikan (misalnya anak dapt menjawab pertanyaan yang saya berikan, melaksanakan tugas dengan tepat)?
Sebagian anak dapat menangkap penjelasan yang saya berikan, ini terbukti ketika melakukan kegiatan pembelajaran anak dapat mengenal konsep bilangan dengan tepat.
12.     Bagaimana reaksi anak terhadap penilaian yang saya berikan?
Biasa saja. Karena reward yang saya berikan hanya tepuk tangan untuk anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
13.     Apakah penilaian yang saya berikan sesuai dengan indicator yang saya tetapkan?
Ya. Sudah sesuai dengan indicator yang saya tetapkan.
14.     Apakah anak telah mencapai indicator kemampuan yang telah di tetapkan?
Belum semuanya mencapai indicator kemampuan yang saya tetapkan.
15.     Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
Belum. Saya merasa belum optimal dalam memanfaatkan waktu.
16.     Apakah kegiatan penutup yang saya lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang saya sampaikan?
Sebagian anak dapat menerima dan menguasai materi pembelajaran yang saya berikan.

1 comment:

CONTOH MEMBUAT ALUR BEST PRACTISE Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19

Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19 Melalui Aplikasi Zoom Di TK Kemala Bhayangkari 36 Palasari Bandung   BAB I PEN...