RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus : I (Pertama)
Tema/SubTema : KEBUTUHANKU (MAKANAN dan MINUMAN)
Hari/Tanggal : 24 s/d 28 September 2012
Tujuan Perbaikan : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN
PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KANCING PADA ANAK KELOMPOK B DI
TK KEMALA BHAYANGKARI 36 KOTA BANDUNG
Identifikasi
Masalah :
(1)
Hasil belajar anak yang tidak sesuai
dengan harapan guru, misalnya keengganan siswa dalam membilang/menyebut,
membuat urutan, dan menghubungkan angka.
(2)
Hal-hal lain yang berkaitan dengan perilaku/strategi
mengajar guru/pendidik, misalnya guru kurang memberikan reword dan penguatan
terhadap anak-anak, kurang menggunakan alat media dan sumber belajar.
(3)
Masalah perkembangan anak atau perilaku
belajar anak, misalnya anak ribut, pasif dan malas.
(4)
Kurangnya kemampuan pemahaman konsep
bilangan dalam hal ini bilangan .
Misalnya :
a.
Setiap diberi tugas untuk
membilang/menyebutkan urutan bilangan anak-anak
membilangnya secara cepat tetapi tidak benar.
b.
Dalam mengenal konsep bilangan dengan
benda-benda ketika diberi tugas mengambil mis; tujuh pulpen, anak mengambil
kurang atau lebih dari tujuh.
c.
Dalam
hal menghubungkan bilangan dengan benda-benda juga masih sering
keliru.
Analisis Masalah
:
Dari
keempat masalah yang teridentifikasi,
masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya kemampuan anak dalam memahami
konsep bilangan. Masalah ini dirasa
berat dan dapat menimbulkan masalah baru. Penyebab masalah tersebut adalah
karena kurangnya penggunaan alat media dan sumber belajar serta strategi
mengajar guru/pendidik yang kurang menarik sehingga pembelajaran terkesan
seadanya dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak dan
perkembangan kognitif anak masih belum mencapai kematangan.
Masalah
kurangnya penggunaan alat media dan sumber belajar serta strategi mengajar guru/pendidik
yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak untuk meningkatkan
pemahaman konsep bilangan pada anak dapat diatasi dengan menggunakan media kancing
yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.
PERUMUSAN MASALAH
A. Umum
“
Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota
Bandung?”
B. Khusus
1. Perencanaan
“Bagaimana perencanaan
penggunaan media kancing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak
kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36
kota Bandung?”
2. Pelaksanaan/proses
“Bagaimana
pelaksanaan penggunaan media kancing dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan
pada anak kelompok B di Tk Kemala
Bhayangkari 36 kota Bandung?”
3. Hasil
“ Bagaimana hasil penggunaan media
kancing dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung?”
TUJUAN PENELITIAN
A. Umum
Mengetahui
penggunaan media kancing untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di Tk
Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung
B. Khusus
1. Mengetahui
perencanaan penggunaan media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
bilangan pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
2. Mengetahui
pelaksanaan penggunaan media kancing
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota
Bandung.
3. Mengetahui
hasil penggunaan media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan
pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
RENCANA KEGIATAN HARIAN
KEL. B
TEMA/SUB TEMA : KEBUTUHANKU (MAKANAN dan MINUMAN)
RKH Ke
|
Pembukaan
30 Menit
|
Inti
60 Menit
|
Penutup
30 Menit
|
I
|
1.
Tanya Jawab tentang manfaat makanan dan minunan
|
1.
Berjalan di atas garis lurus dengan seimbang.
2.
Permainan memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas
angka.
3.
Menjiplak makanan kesukaanku
|
1.
Mengucapkan syair “Tomat”
2.
Evaluasi tentang kegiatan hari ini
|
II
|
1.
Pengulangan syair “Tomat”
2.
Bercakap-cakap tentang makanan dan minuman
kesukaan
|
1.
Permainan memasukkan
kancing ke dalam gelas warna sesuai
warna kancing
2.
Mewarnai gambar makanan
|
1.
Menyebutkan angka 1-10
2.
Evaluasi tentang kegiatan hari ini
|
III
|
1.
Bercakap-cakap tentang jenis-jenis makanan dan
minuman
2.
Mendengarkan cerita “ Dodo Sakit Perut”
|
1.
Permainan
amplop misterius
2.
PT Mozaik angka dengan kain perca berbentuk ∆ □
|
1.
Menyanyi lagu
“I
want to Eat”
2.
Evaluasi tentang kegiatan hari ini
|
IV
|
1.
Bercakap-cakap tentang tata tertib makan dan minun yang baik.
2.
Cerita
“Bibir Didi Bengkak”
|
1.
Menebalkan angka
2.
Lomba mencari
Angka yang sama
|
1.
Bermain “Tepuk
Jari”
2.
Evaluasi tentang kegiatan hari ini
|
V
|
1.
Bercerita “Nenek beli buah duku”
2.
PL cara makan dan minum yang baik.
|
1.
Berjalan dengan berjinjit.
2.
Permainan
mencari jejak harta karun kancing
3.
Mengulang kembali membilang angka 1-10
|
1.
Menyebutkan angka dengan suara nenek-nenek
2.
Evaluasi tentang kegiatan hari ini
|
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan : Upaya
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada
anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung.
Siklus ke : I
Hari/Tanggal : Senin/ 24 September 2012
Hal yang
diperbaiki/ditingkatkan :
1.
Kegiatan pengembangan :
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu
ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep
bilangan . Dalam RKH hari ke-1, anak-anak akan melakukan permainan memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.
2.
Pengelolaan kelas :
Penataan
ruang :
·
Penataan ruang dirubah sehingga terdapat
arena kosong untuk meletakkan meja sebagai rintangan dan untuk berdiri anak sebagai supporter.
Pengorganisasian
anak :
·
Posisi anak dirubah menjadi bentuk lingkaran dan kemudian dibentuk 2 barisan
untuk melakukan permainan.
Langkah-langkah perbaikan :
1. Kegiatan pengembangan:
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang
lebih
banyak mengenal lambang dan konsep bilangan. Dalam RKH hari ke-1, anak-anak
akan bermain memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan
gelas angka.
|
Langkah-langkah perbaikan :
a. Guru
mempersiapkan alat/sumber belajar yang akan digunakan, yaitu aneka kancing
berwarna, gelas berangka, 2 meja, dan reword berupa bintang dari kertas
lipat.
b. Guru
menyampaikan peraturan dan cara permainan memasukkan sejumlah kancing ke
dalam gelas berangka.
c. Guru
memanggil 10 anak, dibentuk menjadi 2 barisan. 1 barisan terdiri dari 5 anak.
d. Guru
meminta anak untuk memulai permainan
memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.
e. Guru
meminta kepada anak untuk menyebutkan gelas angkanya dan menghitung jumlah
kancing yang ada di dalam gelas.
f. Guru
menyuruh semua anak untuk melakukan permainan memasukkan sejumlah kancing
sesuai dengan gelas angka.
|
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan : Upaya
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada
anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung
Siklus ke : I
Hari/Tanggal : Selasa/25 September 2012
Hal yang
diperbaiki/ditingkatkan :
1. Kegiatan
pengembangan :
Kegiatan anak yang
lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih
banyak konsep bilangan dan warna. Dalam
RKH hari ke-2, anak-anak akan memasukkan kancing ke dalam gelas sesuai warna
kancing
2. Pengelolaan
kelas :
Penataan ruang :
·
Ruang yang dipergunakan untuk
pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di halaman sekolah.
Pengorganisasian anak :
·
Pada saat anak memasukkan kancing ke dalam gelas sesuai warna kancing ia tidak duduk di kelas
melainkan melakukannya di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.
Langkah-langkah perbaikan :
1. Kegiatan pengembangan:
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih
banyak mengenal lambang dan konsep bilangan serta warna. Dalam RKH hari ke-2, anak-anak akan bermain memasukkan kancing ke dalam
gelas warna sesuai warna kancing
|
Langkah-langkah perbaikan :
a. Guru mempersiapkan alat/sumber belajar yang
akan digunakan, yaitu aneka kancing berwarna, gelas warna , rintangan hulahup,
dan stempel bintang.
b. Guru menyampaikan peraturan dan cara permainan
memasukkan kancing ke dalam gelas warna sesuai warna kancing.
c. Guru
meminta anak-anak berbaris 2 baris ke belakang dan memegang gelas warna.
d. Guru
meminta 2 anak untuk berlomba melompat
melewati hulahup lalu mengambil kancing sesuai dengan gelas warna yang
dipegangnya.
e. Guru
menghitung waktu anak dalam mengambil kancing dengan hitungan sampai 10.
f. Guru meminta kepada anak untuk menyebutkan
warna gelas dan menghitung jumlah kancing yang ia peroleh.
g. Guru menyuruh semua anak untuk melakukan
permainan memasukkan
kancing
ke dalam gelas warna sesuai warna
kancing.
|
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
|
Penataan kelas tidak ada perubahan
sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
|
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian
kelas
|
Pengorganisasian kelas dilakukan
dengan mengajak anak-anak keluar kelas menuju ke halaman sekolah.
|
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan : Upaya
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada
anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung.
Siklus ke : I
Hari/Tanggal : Rabu/26 September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan :
1. Kegiatan
pengembangan :
3.
Kegiatan anak yang lebih banyak
melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang
dan konsep bilangan serta klasifikasi warna. Dalam RKH hari ke-3, anak-anak
akan melakukan Permainan amplop misterius.
2. Pengelolaan
kelas :
Penataan ruang :
Ruang
yang dipergunakan untuk pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di
halaman sekolah di mana ada beberapa pohon kecil dapat dipakai untuk
menggantungkan amlop angka.
Pengorganisasian anak :
Pengorganisasian anak dilakukan
secara klasikal, dan individu,
Pada
saat permainan amplop anak tidak duduk di kelas melainkan melakukannya di ruang
terbuka yaitu di halaman sekolah.
Langkah-langkah perbaikan :
1.
Kegiatan
pengembangan:
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan
kegiatan
anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan serta klasifikasi
warna.
Dalam
RKH hari ke- 3, anak-anak akan bermain Permainan amplop misterius.
|
Langkah-langkah
perbaikan :
a. Sebelum
bel berbunyi guru mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan
digunakan, yaitu amplop berisi angka tertentu yang digantungkan dipohon,
kancing, baskom besar dan stempel
bintang.
b. Guru
memberitahukan kepada anak bahwa di luar ada amplop yang didalamnya ada angka
tertentu anak –anak dapat mengambil
amplop tersebut di pohon.
c. Guru
mengajak anak-anak ke luar kelas dan mempersilahkan anak-anak untuk mengambil
amplopnya. Setiap anak mengambil 1 amplop.
d. Guru
meminta anak untuk mengambil sejumlah
kancing sesuai dengan angka yang ada di dalam amplop.
e. Guru
meminta anak untuk membilang jumlah kancing yang diambil dan menyebutkan
lambang bilangan yang ada di dalam amplop.
f. Begitu
seterusnya sampai semua anak selesai membilang kancing dan menyebutkan
lambang bilangannya.
g. Guru
memberikan stempel bintang dan memberikan penguatan bagi yang belum bisa.
|
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
|
Penataan kelas tidak ada perubahan
sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
|
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian
kelas
|
Secara Klasikal.
Pada saat mengambil amplop di pohon, anak
tidak duduk di kelas melainkan melakukannya secara bersama-sama di ruang terbuka
yaitu di halaman sekolah.
Secara individu
Pada saat menghitung kancing dan menyebutkan
angka yang ada di dalam amplop
dilakukan
|
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan : Upaya
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada
anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung.
Siklus ke : I
Hari/Tanggal : Kamis/27 September 2012
Hal yang
diperbaiki/ditingkatkan :
1. Kegiatan
pengembangan :
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang
lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan. Dalam RKH hari ke-4, lomba mencari “Angka yang Sama”
2. Pengelolaan
kelas :
Penataan ruang :
Di ruang terbuka.
Ruang
yang dipergunakan untuk pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di
halaman sekolah.
Pengorganisasian anak :
Dilakukan
secara kelompok dan individu.
Pada
saat lomba mencari angka yang sama, anak tidak duduk di kelas melainkan
melakukannya di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.
Pada
saat menyebutkan angka dan warna anak melakukannya secara individu.
Langkah-langkah perbaikan :
1. Kegiatan pengembangan:
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih
banyak mengenal lambang dan konsep bilangan.
Dalam RKH hari ke-4, anak-anak
akan bermain lomba mencari “Angka yang Sama”
|
Langkah-langkah
perbaikan :
a. Guru
mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan digunakan, yaitu
bendera angka, kancing berangka, dan stempel
bintang.
b. Guru
menerangkan cara melakukan permainan mencari angka yang sama.
c. Guru
mengajak anak-anak ke luar kelas untuk memulai lomba.
d. Guru
membentuk anak menjadi 4 kelompok.
e. Guru
memerintahkan kelompok 1 dan 2 untuk memulai lombanya.
f. Guru
memerintahkan anak untuk memegang bendera yang mereka dapat.
g. Setelah semua kelompok berlomba guru meminta
satu persatu menyebutkan warna dan angka yang ada di bendera.
h. Begitu
seterusnya sampai semua anak selesai menyebutkan warna dan angka pada
bendera.
i.
Guru memberikan stempel bintang dan penguatan pada anak.
|
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
|
Penataan kelas tidak ada perubahan
sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
|
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian
kelas
|
Pada saat lomba dilakukan di luar kelas
yaitu di halaman sekolah.
|
SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan : Upaya
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada
anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari
36 kota Bandung.
Siklus ke : I
Hari/Tanggal : Jum’at/28 September 2012
Hal yang
diperbaiki/ditingkatkan :
1.
Kegiatan pengembangan :
Kegiatan anak yang
lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak
mengenal lambang dan konsep bilangan. Dalam RKH hari ke-5, anak-anak akan
melakukan Permainan mencari jejak harta karun kancing
2.
Pengelolaan kelas :
Penataan ruang :
·
Ruang yang dipergunakan untuk
pembelajaran kali adalah ruang kelas. Ruang kelas ditata sedemikian rupa untuk aktifitas maze bagi anak-anak.
Pengorganisasian anak :
·
Anak-anak duduk di kelompoknya
masing-masing dan pada saat melakukan maze sebagian anak duduk di karpet sebagai supporter dan
sebagian lainnya bereksplorer di kelas.
Langkah-langkah perbaikan :
1.
Kegiatan
pengembangan:
Kegiatan
anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan
kegiatan anak yang bereksploratif di
dalam kelas, mengenal warna, lambang dan
konsep bilangan. Dalam RKH hari ke-5, anak-anak akan bermain ” melakukan Permainan mencari jejak harta karun
kancing
|
Langkah-langkah
perbaikan :
a. Sebelum
bel berbunyi guru mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan
digunakan, yaitu kancing, karpet, lokker, meja dan stempel bintang. Spidol, tanda panah, dan kancing
berangka.
b. Guru
memberitahukan kepada anak bahwa hari ini mereka akan bermain mencari jejak
harta karun kancing.
c. Guru
menerangkan cara melakukan permainan tersebut.
d. Guru
meminta kepada 3 anak untuk mencari jejak harta karun kancing dan menyebutkan
hasil temuannya berupa kancing berangka.
e. Guru
meminta anak untuk menyebutkan warna dan angka pada kancing yang telah
ditemukan.
f. Setelah
menyebutkan guru menyuruh anak untuk mengambil kancing sesuai dengan kancing
berangka yang diperolehnya.
g. Semua
anak bergiliran mencari jejak harta karun kancing.
h. Guru
memberikan stempel bintang dan
penguatan bagi anak.
|
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
|
Penataan kelas
Kelas
ditata sedemikian rupa untuk aktifitas maze bagi anak-anak.
|
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian
kelas
|
Pada saat Anak-anak duduk di
kelompoknya masing-masing, dan pada saat melakukan maze sebagian anak duduk di karpet sebagai supporter dan
sebagian lainnya bereksplorer di kelas.
|
mau lihat contoh laaporan PKP UT yang lain SIlahkan kunjungi
ReplyDeletehttp://qizz234.blogspot.com/
terimaksih atas tambahan inspirasinya semoga sy bisa melaksanakan PKP dg baik :)
ReplyDeletesalam kenal tya :)
terimakasih sangat memebantu dan meginspirasi
ReplyDeleteterima kasih berbagi informasinya
ReplyDelete