Friday 19 October 2012

Rancangan Satu Siklus PKP


RANCANGAN SATU SIKLUS
Siklus                            : I (Pertama)
Tema/SubTema             : KEBUTUHANKU (MAKANAN dan MINUMAN)
Hari/Tanggal                 : 24 s/d 28 September 2012
Tujuan Perbaikan          : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN     MELALUI MEDIA KANCING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 36 KOTA BANDUNG
Identifikasi Masalah   :
(1)  Hasil belajar anak yang tidak sesuai dengan harapan guru, misalnya keengganan siswa dalam membilang/menyebut, membuat urutan, dan menghubungkan angka.
(2)  Hal-hal lain yang berkaitan dengan perilaku/strategi mengajar guru/pendidik, misalnya guru kurang memberikan reword dan penguatan terhadap anak-anak, kurang menggunakan alat media dan sumber belajar.
(3)  Masalah perkembangan anak atau perilaku belajar anak, misalnya anak ribut, pasif dan malas.
(4)  Kurangnya kemampuan pemahaman konsep bilangan dalam hal ini bilangan .
Misalnya :
a.       Setiap diberi tugas untuk membilang/menyebutkan urutan bilangan anak-anak  membilangnya secara cepat tetapi tidak benar.
b.      Dalam mengenal konsep bilangan dengan benda-benda ketika diberi tugas mengambil mis; tujuh pulpen, anak mengambil kurang atau lebih dari tujuh.
c.       Dalam  hal menghubungkan bilangan dengan benda-benda juga masih sering keliru. 


Analisis Masalah         :
           Dari  keempat masalah yang teridentifikasi, masalah yang akan dipecahkan adalah kurangnya kemampuan anak dalam memahami konsep  bilangan. Masalah ini dirasa berat dan dapat menimbulkan masalah baru. Penyebab masalah tersebut adalah karena kurangnya penggunaan alat media dan sumber belajar serta strategi mengajar guru/pendidik yang kurang menarik sehingga pembelajaran terkesan seadanya dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak dan perkembangan kognitif anak masih belum mencapai kematangan.
           Masalah kurangnya penggunaan alat media dan sumber belajar serta strategi mengajar guru/pendidik yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak dapat diatasi dengan menggunakan media kancing yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan anak.

PERUMUSAN MASALAH
A.    Umum
“ Bagaimana upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung?”



B.     Khusus
1.      Perencanaan
“Bagaimana perencanaan penggunaan  media kancing  dapat meningkatkan  kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung?”
2.      Pelaksanaan/proses
“Bagaimana pelaksanaan penggunaan  media kancing dapat meningkatkan  kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung?”
3.      Hasil
“ Bagaimana hasil penggunaan media kancing dapat meningkatkan kemampuan  pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung?”
TUJUAN  PENELITIAN
A.    Umum
Mengetahui penggunaan  media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung
B.     Khusus
1.      Mengetahui perencanaan penggunaan media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
2.      Mengetahui pelaksanaan penggunaan  media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak  kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
3.      Mengetahui hasil penggunaan media kancing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.

RENCANA KEGIATAN HARIAN KEL. B
TEMA/SUB TEMA    : KEBUTUHANKU (MAKANAN dan MINUMAN)

RKH Ke
Pembukaan
30 Menit
Inti
60 Menit
Penutup
30 Menit
I
1.      Tanya Jawab tentang manfaat makanan dan minunan

1.      Berjalan di atas garis lurus dengan seimbang.
2.      Permainan  memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.
3.      Menjiplak makanan kesukaanku
1.      Mengucapkan syair  “Tomat”
2.      Evaluasi tentang kegiatan hari ini


II
1.      Pengulangan syair “Tomat”
2.      Bercakap-cakap tentang makanan dan minuman kesukaan

1.       Permainan memasukkan kancing ke dalam gelas warna  sesuai warna kancing
2.       Mewarnai gambar makanan
1.      Menyebutkan angka 1-10
2.      Evaluasi tentang kegiatan hari   ini

III
1.      Bercakap-cakap tentang jenis-jenis makanan dan minuman
2.      Mendengarkan cerita “ Dodo  Sakit Perut”

1.      Permainan amplop misterius
2.      PT Mozaik angka dengan kain perca berbentuk ∆ □

1.      Menyanyi lagu
“I want to Eat”
2.      Evaluasi tentang kegiatan hari ini

IV
1.      Bercakap-cakap tentang tata   tertib makan dan minun yang baik.
2.       Cerita “Bibir Didi Bengkak”
1.      Menebalkan angka
2.      Lomba mencari
Angka yang sama
1.      Bermain “Tepuk
Jari”
2.      Evaluasi tentang kegiatan hari ini

V
1.      Bercerita “Nenek beli buah duku”
2.      PL cara makan dan minum yang baik.
1.      Berjalan dengan berjinjit.
2.      Permainan mencari jejak harta karun kancing
3.      Mengulang kembali membilang angka 1-10
1.      Menyebutkan angka dengan suara nenek-nenek
2.      Evaluasi tentang kegiatan hari ini




SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan          : Upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
Siklus ke                       : I
Hari/Tanggal                 : Senin/ 24  September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :
1.            Kegiatan pengembangan            :
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan . Dalam RKH hari ke-1, anak-anak akan melakukan permainan memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan  gelas angka.
2.            Pengelolaan kelas           :
Penataan ruang   :
·         Penataan ruang dirubah sehingga terdapat arena kosong untuk meletakkan meja sebagai rintangan dan untuk berdiri  anak sebagai supporter.
Pengorganisasian anak   :
·         Posisi anak dirubah menjadi bentuk  lingkaran dan kemudian dibentuk 2 barisan untuk melakukan permainan.
Langkah-langkah perbaikan :
1.      Kegiatan pengembangan:
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang
lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan. Dalam RKH hari ke-1, anak-anak akan bermain  memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.
        Langkah-langkah perbaikan :
a.       Guru mempersiapkan alat/sumber belajar yang akan digunakan, yaitu aneka kancing berwarna, gelas berangka, 2 meja, dan reword berupa bintang dari kertas lipat.
b.      Guru menyampaikan peraturan dan cara permainan memasukkan sejumlah kancing ke dalam gelas berangka.
c.       Guru memanggil 10 anak, dibentuk menjadi 2 barisan. 1 barisan terdiri dari 5 anak.
d.      Guru meminta  anak untuk memulai permainan memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.
e.       Guru meminta kepada anak untuk menyebutkan gelas angkanya dan menghitung jumlah kancing yang ada di dalam gelas.
f.       Guru menyuruh semua anak untuk melakukan permainan memasukkan sejumlah kancing sesuai dengan gelas angka.










SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan          : Upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung
Siklus ke                       : I
Hari/Tanggal                 : Selasa/25 September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :
1.      Kegiatan pengembangan         :
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak  konsep bilangan dan warna.   Dalam RKH hari ke-2, anak-anak akan  memasukkan kancing ke dalam gelas sesuai warna kancing

2.      Pengelolaan kelas        :
   Penataan ruang            :
·         Ruang yang dipergunakan untuk pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di halaman sekolah.
    Pengorganisasian anak           :
·         Pada saat  anak  memasukkan kancing ke dalam gelas sesuai  warna kancing ia tidak duduk di kelas melainkan melakukannya di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.

            Langkah-langkah perbaikan    :
1.    Kegiatan pengembangan:
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan serta warna.  Dalam RKH hari ke-2,  anak-anak akan bermain  memasukkan kancing ke dalam gelas warna  sesuai warna kancing
        Langkah-langkah perbaikan :
            a.   Guru mempersiapkan alat/sumber belajar yang akan digunakan, yaitu aneka kancing berwarna, gelas warna , rintangan hulahup, dan stempel bintang.
               b.   Guru menyampaikan peraturan dan cara permainan   memasukkan kancing ke dalam gelas warna  sesuai warna kancing.
c.       Guru meminta anak-anak berbaris 2 baris ke belakang dan memegang gelas warna.
d.      Guru meminta 2 anak untuk berlomba melompat  melewati hulahup lalu mengambil kancing sesuai dengan gelas warna yang dipegangnya.
e.       Guru menghitung waktu anak dalam mengambil kancing dengan hitungan sampai 10.
f.   Guru meminta kepada anak untuk menyebutkan warna gelas dan menghitung jumlah kancing yang ia peroleh.
g.  Guru menyuruh semua anak untuk melakukan permainan memasukkan
kancing ke dalam gelas warna  sesuai warna kancing.
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
Penataan kelas tidak ada perubahan sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian kelas
Pengorganisasian kelas dilakukan dengan mengajak anak-anak keluar kelas menuju ke halaman sekolah.







SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan          : Upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
Siklus ke                       : I
Hari/Tanggal                 : Rabu/26 September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :
1.      Kegiatan pengembangan         :
3.      Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan serta klasifikasi warna. Dalam RKH hari ke-3, anak-anak akan melakukan  Permainan amplop misterius.
2.      Pengelolaan kelas        :
   Penataan ruang            :
Ruang yang dipergunakan untuk pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di halaman sekolah di mana ada beberapa pohon kecil dapat dipakai untuk menggantungkan amlop angka.
    Pengorganisasian anak           :
            Pengorganisasian anak dilakukan secara klasikal, dan individu,
Pada saat permainan amplop anak tidak duduk di kelas melainkan melakukannya di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.
            Langkah-langkah perbaikan    :
1.              Kegiatan pengembangan:
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan
kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan serta klasifikasi warna.   
Dalam RKH hari ke-  3,  anak-anak akan bermain Permainan amplop misterius.
Langkah-langkah perbaikan :
a.       Sebelum bel berbunyi guru mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan digunakan, yaitu amplop berisi angka tertentu yang digantungkan dipohon, kancing, baskom besar dan stempel  bintang.
b.      Guru memberitahukan kepada anak bahwa di luar ada amplop yang didalamnya ada angka tertentu  anak –anak dapat mengambil amplop tersebut di pohon.
c.       Guru mengajak anak-anak ke luar kelas dan mempersilahkan anak-anak untuk mengambil amplopnya. Setiap anak mengambil 1 amplop.
d.      Guru meminta anak untuk   mengambil sejumlah kancing sesuai dengan angka yang ada di dalam amplop.
e.       Guru meminta anak untuk membilang jumlah kancing yang diambil dan menyebutkan lambang bilangan yang ada di dalam amplop.
f.       Begitu seterusnya sampai semua anak selesai membilang kancing dan menyebutkan lambang bilangannya.
g.      Guru memberikan stempel bintang dan memberikan penguatan bagi yang belum bisa.
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
Penataan kelas tidak ada perubahan sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian kelas
Secara Klasikal.
Pada saat mengambil amplop di pohon, anak tidak duduk di kelas melainkan melakukannya secara bersama-sama di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.
Secara individu
 Pada saat menghitung kancing dan menyebutkan angka yang ada di dalam   amplop dilakukan



SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan          : Upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
Siklus ke                       : I
Hari/Tanggal                 : Kamis/27 September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :
1.      Kegiatan pengembangan         :
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan.  Dalam RKH hari ke-4, lomba mencari “Angka yang Sama”

2.      Pengelolaan kelas        :
   Penataan ruang            :
          Di ruang terbuka.
Ruang yang dipergunakan untuk pembelajaran kali ini adalah ruang terbuka yang ada di halaman sekolah.
             Pengorganisasian anak           :
Dilakukan secara kelompok dan individu.
Pada saat lomba mencari angka yang sama, anak tidak duduk di kelas melainkan melakukannya di ruang terbuka yaitu di halaman sekolah.
Pada saat menyebutkan angka dan warna anak melakukannya secara individu.


            Langkah-langkah perbaikan    :
1. Kegiatan pengembangan:
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan.  Dalam RKH hari ke-4,  anak-anak akan bermain lomba mencari “Angka yang Sama”
Langkah-langkah perbaikan :
a.       Guru mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan digunakan, yaitu bendera angka, kancing berangka, dan stempel  bintang.
b.      Guru menerangkan cara melakukan permainan mencari angka yang sama.
c.       Guru mengajak anak-anak ke luar kelas untuk memulai lomba.
d.      Guru membentuk anak menjadi 4 kelompok.
e.       Guru memerintahkan kelompok 1 dan 2 untuk memulai lombanya.
f.       Guru memerintahkan anak untuk memegang bendera yang mereka dapat.
g.       Setelah semua kelompok berlomba guru meminta satu persatu menyebutkan warna dan angka yang ada di bendera.
h.      Begitu seterusnya sampai semua anak selesai menyebutkan warna dan angka pada bendera.
i.        Guru memberikan stempel bintang  dan penguatan pada anak.

Pengelolaan kelas: Penataan kelas
Penataan kelas tidak ada perubahan sedikitpun karena pembelajaran dilakukan di ruang terbuka.
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian kelas
Pada saat lomba dilakukan di luar kelas yaitu di halaman sekolah.



SKENARIO PERBAIKAN
Tujuan Perbaikan          : Upaya  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui media kancing pada anak  kelompok B di Tk Kemala Bhayangkari 36 kota Bandung.
Siklus ke                       : I
Hari/Tanggal                 : Jum’at/28 September 2012
Hal yang diperbaiki/ditingkatkan       :
1.      Kegiatan pengembangan   :
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan kegiatan anak yang lebih banyak mengenal lambang dan konsep bilangan.  Dalam RKH hari ke-5, anak-anak akan melakukan  Permainan mencari jejak harta karun kancing

2.      Pengelolaan kelas  :
   Penataan ruang            :
·         Ruang yang dipergunakan untuk pembelajaran kali adalah ruang kelas. Ruang kelas  ditata sedemikian rupa untuk  aktifitas maze bagi  anak-anak.
    Pengorganisasian anak           :
·         Anak-anak duduk di kelompoknya masing-masing dan pada saat melakukan maze sebagian anak  duduk di karpet sebagai supporter dan sebagian lainnya bereksplorer di kelas.
            Langkah-langkah perbaikan    :
1.      Kegiatan pengembangan:
Kegiatan anak yang lebih banyak melakukan sesuatu ditambah dengan
         kegiatan anak yang bereksploratif di dalam kelas, mengenal warna, lambang   dan konsep bilangan.  Dalam RKH hari ke-5,  anak-anak akan bermain melakukan  Permainan mencari jejak harta karun kancing
Langkah-langkah perbaikan :
a.       Sebelum bel berbunyi guru mempersiapkan alat media dan sumber belajar yang akan digunakan, yaitu kancing, karpet, lokker, meja dan stempel  bintang. Spidol, tanda panah, dan kancing berangka.
b.      Guru memberitahukan kepada anak bahwa hari ini mereka akan bermain mencari jejak harta karun kancing.
c.       Guru menerangkan cara melakukan permainan tersebut.
d.      Guru meminta kepada 3 anak untuk mencari jejak harta karun kancing dan menyebutkan hasil temuannya berupa kancing berangka.
e.       Guru meminta anak untuk menyebutkan warna dan angka pada kancing yang telah ditemukan.
f.       Setelah menyebutkan guru menyuruh anak untuk mengambil kancing sesuai dengan kancing berangka yang diperolehnya.
g.      Semua anak bergiliran mencari jejak harta karun kancing.
h.      Guru memberikan stempel bintang  dan penguatan bagi anak.
Pengelolaan kelas: Penataan kelas
        Penataan kelas
Kelas  ditata sedemikian rupa untuk aktifitas maze bagi  anak-anak.
Pengelolaan kelas : Pengorganisasian kelas
Pada saat Anak-anak duduk di kelompoknya masing-masing, dan pada saat melakukan maze sebagian anak  duduk di karpet sebagai supporter dan sebagian lainnya bereksplorer di kelas.

4 comments:

  1. mau lihat contoh laaporan PKP UT yang lain SIlahkan kunjungi
    http://qizz234.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. terimaksih atas tambahan inspirasinya semoga sy bisa melaksanakan PKP dg baik :)
    salam kenal tya :)

    ReplyDelete
  3. terimakasih sangat memebantu dan meginspirasi

    ReplyDelete
  4. terima kasih berbagi informasinya

    ReplyDelete

CONTOH MEMBUAT ALUR BEST PRACTISE Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19

Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19 Melalui Aplikasi Zoom Di TK Kemala Bhayangkari 36 Palasari Bandung   BAB I PEN...