Sunday 11 September 2016

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

 Dulu suka merasa kebingungan dalam membedakan definisi pertumbuhan dan perkembangan. Maksud hati menerangkan tentang pertumbuhan, eh yang terlontar dan keluar dari mullut adalah jawaban tentang perkembangan atau sebaliknya maksud hati ingin mengartikan perkembangan, malah yang keluar jawaban tentang petumbuhan.    

Setelah mempelajari Kegiatan 1.1 Mengkaji Definisi Petumbuhan dan Perkembangan , dapat disimpulkan bahwa: Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang berbeda namun  memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya.   Bila kita akan bicara tentang pertumbuhan pada anak, perkembangannya sudah tentu termasuk didalamnya.
Perlu dipahami bahwa pertumbuhan merupakan proses kuantitatif yang menunjukkan perubahan yang dapat diamati secara fisik. Pertumbuhan dapat diamati melalui penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala dan sebagainya. Sementara itu, perkembangan merupakan proses kualitatif yang menunjukkan bertambahnya kemampuan (ketrampilan) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang beraturan dan dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan.
Pertumbuhan dan perkebangan harus diperhatikan dengan seksama oleh orang tua maupun guru karena hal tersebut akan menentukan langkah anak ke depannya. Perumbuhan dan perkembangan seorang anak tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut dapat berupa faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal dapat dipengaruhi oleh Hereditas/ turunan dan proses selama kehamilan. Menurut Hurlock (1997:30) menyatakan bahwa ada empat kodisi penting yang sangat mempengarii perkembangan anak unuk masa selanjutnya, yaitu : sifat bawaan, jenis kelamin, jumlah anak, dan urutan kelahiran.
Faktor Eksternal dapat berupa asupan gizi dimana asupan gizi  memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan jasmani anak yang pada gilirannya akan mepengaruhi lingkup perkembangan lain, seperti intelektual, bahasa, sosial emosional, dan nilai-nilai agama dan moral .Anak yang kurang dalam asupan gizi, pertumbuhan dan perkembangan fisiknya terhambat, cenderung menarik diri dari lingkungan. dan lingkungan juga akan tidak banyak melibatkan, karena anak kurang inisiatif dan ekspresif. Faktor eksternal dapat juga berupa gangguan fisik dan penyakit yang diderita anak, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Pertumbuhan dan perkembangan harus dirangsang dan distimulus secara optimal dengan memperhatikan karakteristik anak. Karakterisrik anak bermacam-macam dan guru harus  memahami satu persatu untuk kemudian  menerapkannya dalam pembelajaran.
Diakhir kajian, Anak memiliki suatu ciri khas yang selalu tumbuh dan berkembang sejak saat konsepsi sampai berakhirnya masa remaja. Pentingnya memahami karakteristik anak  membuat guru mengetahui bahwa usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia, pengalaman awal pun sangat penting bagi tumbuh kembang anak, dan perkembangan fisik-psikis mengalami kecepatan yang luar biasa di usia dini. 
Bila seorang guru melihat ada anak yang kurus, lemah,loyo dan sering sakit-sakitan, atau anak yang bertanya terus-menerus, tidak bisa diam, sering berfantasi, kurang pertimbangan dalam bertindak, dan sebagainya, guru jangan lantas memarahi dan sembarangan memberi label pada anak tapi hendaknya melihat, mengidentifikasi dan menelaah serta mencari solusi yang tepat. Mengetahui dan memahami beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi proses pertumbuhan dan perkembangan anak, dapat mendeteksi kelainan yang terjadi dan sesegera mungkin dapat mengatasi permasalahannya untuk kemudian dikonsultasikan kepada ahlinnya. 
Look @ : http://mgmhttps://sim.gurupembelajar.id/gtkptkj.smk-grobogan.net/2016/06/buku-manual-guru-pembelajar-moda-dalam.html, 

No comments:

Post a Comment

CONTOH MEMBUAT ALUR BEST PRACTISE Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19

Pelaksanaan Supervisi Akademik Di Masa Pandemic Covid 19 Melalui Aplikasi Zoom Di TK Kemala Bhayangkari 36 Palasari Bandung   BAB I PEN...